CHAT Via WhatsApp
diposkan pada : 24-08-2022 08:05:49 Tips Memilih Perumahan Yang Tepat

Dilihat : kali

Tips Memilih Perumahan Yang Tepat

 

Bagi orang Jawa, memilih rumah ibarat mencari ‘pulung’, yakni anugerah bagi mereka yang berjodoh. Karena itu banyak hal yang mesti dipertimbangkan. Apalagi membeli rumah tak seperti membeli baju yang ketika kurang sesuai langsung bisa ganti. Rumah adalah tempat bernaung, membina keluarga dan hubungan sosial. Hal yang sama berlaku ketika hendak membeli rumah di Perumahan, ada sejumlah tips memilih perumahan yang sebaiknya dijadikan acuan. Memang tidak sepenuhnya langsung membawa kebahagiaan, tetapi sedikit banyak akan membawa manfaat. Terutama jika yang dicari adalah perumahan di sekitaran pusat kota besar, seperti Jakarta, Surabaya, Yogyakarta, dst. Harga yang ditawarkan pun biasanya terbilang mahal dengan lokasi di pinggiran kota. Dengan jumlah pengembang yang sangat banyak dengan penawaran yang beragam pula, sebagai konsumen harus bisa memilah dan memilih yang tepat dan sesuai dengan keinginan dan kebutuhan. Berikut beberapa tips yang bisa digunakan ketika akan memilih rumah dalam kompleks perumahan :

1. Mulailah dengan Cari Info Sebanyak-Banyaknya Tentang Perumahan

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mencari info tentang perumahan. Dengan mengumpulkan brosur/katalog perumahan yang sering dibagikan di pusat perbelanjaan atau di tempat publik lainnya. Bisa juga browsing di internet, perumahan apa saja yang ada di lokasi yang dimaui. Semakin banyak info yang dikumpulkan, semakin banyak pilihan perumahan sebagai alternatif. Sebelum memutuskan perumahan mana yang paling ideal, kita akan mengetahui standar perumahan yang ditawarkan. Kita juga bisa membandingkan perumahan satu dengan perumahan lainnya.

2. Lakukan Survei ke Kawasan Perumahan

Sudah mengumpulkan banyak info, pasti ada beberapa perumahan yang jadi alternatif pilihan. Akan tetapi, membeli properti pasti kurang lengkap jika tidak melihat secara langsung. Pastikan untuk melakukan survei ke lokasi yang disukai terlebih dahulu. Bahkan sebelum membuat janji dengan pihak pengembang atau marketing perumahan. Apa yang terlihat di brosur atau di internet mungkin bisa berbeda dengan kondisi aslinya. Supaya tidak salah pilih perumahan, survei langsung wajib dilakukan.

3. Pertimbangkan Lokasi Perumahan

Setelah dilakukan survei, coba lihat lokasinya. Lokasi merupakan pertimbangan utama saat hendak membeli properti. Hal ini berkaitan dengan akses transportasi, fasilitas umum yang ada di sekitar perumahan, lingkungan perumahan tersebut, hingga prospek kedepannya. Kebutuhan setiap orang memang berbeda-beda. Namun pastikan setidaknya perumahan dekat dengan fasilitas kesehatan dan supermarket atau pasar. Hindari perumahan yang dekat dengan kawasan Industri atau SUTET. Fasilitas lain seperti sekolah, universitas, pusat perbelanjaan besar, dan lain-lain juga bisa menjadi pertimbangan. Ketahui apa yang kamu butuhkan di sekitar rumah sebelum memilih perumahan. Terlebih jika telah berkeluarga, pertimbangan kedekatan lokasi dengan fasilitas pendidikan anak-anak tentunya menjadi hal yang penting.

Baca juga: Rumah Idaman di Lokasi Strategis, Dekat Pusat Kota Purwokerto

Rumah Idaman di Lokasi Strategis, Dekat Pusat Kota Purwokerto   Dengan senang hati, kami ingin menawarkan sebuah rumah yang indah dan nyaman di Perumahan Bumi Asri Sidasari, Sidabowa, Patikraja, Banyumas. Rumah ini memiliki lokasi yang sangat strategis karena berada dekat dengan pusat kota Purwokerto,

4. Cek Kredibilitas Developer

Ditawari rumah dengan harga lebih murah tapi fasilitas mewah? Harganya jauh lebih rendah dari perumahan lain di lokasi yang sama? Jangan langsung 100% percaya. Lebih baik berhati-hati daripada terlanjur salah pilih. Properti adalah barang mewah. Karena itu jika ditawari harga murah yang jauh dari standar tentu cukup aneh, bukan? Sebaiknya cek kredibilitas developer perumahan yang dipilih. Jangan sampai memilih developer bodong.

5. Bandingkan Perumahan di Lokasi yang Sama

Tips memilih perumahan berikutnya adalah membandingkan perumahan di lokasi yang sama. Baik itu dari segi harga maupun fasilitas yang ditawarkan. Hal ini hanya bisa kamu dapatkan bila kamu punya info dan survei langsung.

6. Ketahui Konsep Perumahan

Saat melakukan survei, bisa sekaligus mencari tahu mengenai konsep perumahan yang menjadi alternatif pilihan. Setiap perumahan memiliki konsep yang berbeda. Misalnya saja ada konsep minimalis, modern, atau klasik. Pilihlah konsep yang paling sesuai dengan seleramu dan keluarga. Tinggal di lingkungan dengan konsep yang kita suka juga akan membawa kepuasan tersendiri. Kita akan lebih nyaman karena berada di lingkungan yang sesuai selera.

7. Pastikan Lingkungan di Sekitar Perumahan Bersih

Kebersihan sangat penting untuk kesehatan dan kenyamanan kita dan seluruh anggota keluarga. Saat survei, jangan lupa memeriksa hal ini. Bisa dimulai dengan mengetahui tempat pembuangan sampah dan saluran air di perumahan tersebut. Jangan lupa juga cek selokannya.

8.  Cek Fasilitas Apa Saja yang Ditawarkan

Kelebihan tinggal di perumahan adalah fasilitas yang bisa didapat penghuninya. Pastikan fasilitas di perumahan sesuai dengan apa yang kamu butuhkan. Misalnya keamanan, tempat ibadah, tempat bermain anak, dan lain sebagainya. Jika suka berolahraga, perumahan dengan fasilitas olahraga sendiri tentu menjadi penting. Pilihlah perumahan dengan fasilitas yang paling sesuai dengan kebutuhanmu dan keluarga.

9.  Cek Sistem Keamanan

Faktor keamanan sangat penting untuk kenyamanan seluruh anggota keluarga. Pastikan perumahan yang dipilih memiliki sistem keamanan yang baik. Bagaimana cara kerja petugas keamanan di perumahan, apakah ada CCTV, dan lain-lain.Ada juga perumahan yang tidak menyediakan fasilitas ini, harganya pun lebih murah.

10. Cek Kualitas Bangunan

Sudah menjatuhkan pilihan pada beberapa perumahan yang favorit? Saatnya mengecek kualitas rumah di perumahan tersebut. Rumah dengan kualitas baik biasanya harganya lebih tinggi. Namun tetap saja potensi kecurangan tetap ada. Karena itu penting untuk melakukan survei langsung. Pastikan perumahan menawarkan rumah dalam kondisi yang baik dan aman. Bukan dibangun dengan kualitas asal-asalan.

11. Pertimbangkan Garansi Kerusakan Rumah

Biasanya perumahan menawarkan garansi untuk jangka waktu 3 bulan. Memang tidak lama. Tapi jika dalam kurun waktu 3 bulan itu ada kerusakan pada rumah, pembeli bisa memanfaatkannya. Misalnya saja ada dinding retak, atap bocor, dan lain-lain. Jadi pastikan tips memilih perumahan yang satu ini kamu dapatkan, pilih perumahan yang punya garansi.

12. Pastikan Status Rumah 

Pada umumnya perumahan menawarkan dua status rumah. Yang pertama adalah rumah huni yang sudah siap ditempati. Yang kedua adalah rumah inden yang harus dibangun terlebih dahulu. Jadi pembeli hanya memilih lokasi yang tersedia di site plan. Rumah inden membutuhkan waktu yang cukup lama untuk bisa ditempati. Jadi, pastikan terlebih dahulu status rumahnya dan kebutuhan kita akan hunian.

13. Perhatikan Posisi Rumah dari Sisi Mata Angin

Karena lahan semakin sempit, perumahan modern terkadang berdiri di lahan yang kecil. Bahkan ada perumahan yang hanya terdiri dari 1 deret saja. Nah, terkadang posisinya tertutup dari sinar matahari. Bagi beberapa orang ini bisa menjadi masalah. Karena rumah yang mendapat sinar matahari cukup dianggap lebih baik. Namun bagi sebagian yang lain, hal ini tidak menjadi masalah. Jadi pilih arah rumah yang sesuai kebutuhan masing-masing.

Baca juga: Rumah Idaman di Lokasi Strategis, Dekat Pusat Kota Purwokerto

Rumah Idaman di Lokasi Strategis, Dekat Pusat Kota Purwokerto   Dengan senang hati, kami ingin menawarkan sebuah rumah yang indah dan nyaman di Perumahan Bumi Asri Sidasari, Sidabowa, Patikraja, Banyumas. Rumah ini memiliki lokasi yang sangat strategis karena berada dekat dengan pusat kota Purwokerto,

14. astikan Perumahan Ramah Lingkungan

Jika lingkungan sekitar rumah asri dan hijau, tentu akan lebih nyaman dan sehat, kan? Karena itu banyak perumahan yang menawarkan konsep eco-friendly. Tapi, eco-friendly tidak terbatas pada ruang hijau saja. Perhatikan juga apakah perumahan yang dipilih memiliki desain rumah dengan cahaya dan dan aliran udara alami yang baik. Material bangunan yang bersertifikat eco-friendly juga menjadi nilai plus.

15.  Cek dengan Baik Sistem Pembayarannya 

Setelah semua poin sudah cocok dengan selera, saatnya menanyakan sistem pembayaran. Hal ini tentu sangat penting. Kita bisa memilih cara membayar dan mengukur kemampuan membayar kita. Jangan sampai ke depannya kita menjadi kesulitan dalam melunasi cicilan rumah.

Pada umumnya, ada 3 sistem pembayaran rumah, yaitu Kredit Pemilikan Rumah (KPR), tunai (hard cash), dan tunai bertahap (cash installment). Pilihlah yang sesuai dengan kemampuanmu dan keluarga.

Demikian tips yang mungkin dapat digunakan ketika akan membeli rumah dalam kompleks perumahan. Semoga dapat memberikan manfaat.

DIJUAL RUMAH DEKAT ALUN ALUN PURWOKERTO DAN STASIUN KA PURWOKERTO

Posting by Admin

DIJUAL RUMAH DEKAT ALUN ALUN PURWOKERTO DAN STASIUN KA PURWOKERTO

DIJUAL RUMAH DEKAT ALUN ALUN PURWOKERTO DAN STASIUN KA PURWOKERTO Cluster "Bunga Tanjung Residence"   Selamat Datang di Cluster "Bunga Tanjung Residence" - Rumah Impian Dekat Alun-Alun Purwokerto & Stasiun KA BismiLLah.... 🏠 SEGERA DIBANGUN & DIPASARKAN Hunian Cluster "Bunga Tanjung Resid



429 Kali